Cara Ambil Paket JTR Jakarta

1. Telpon customer service jne 021-29278888
2. Bilang mau booking untuk ambil paket sendiri. Nanti cs-nya akan buat laporan.
3. Tunggu telpon/sms dari jne. Bisa di hari yg sama, bisa besoknya. Ditelpon/sms berarti paket kita sudah bisa diambil. Jangan lupa tanya nama penelpon (yg tanggung jawab sama paket kita). Alamat jne garuda: jl.garuda kemayoran no.62
4. Jne garuda itu isinya cuma gudang besaarrr sama mobil jne buanyaaakk. Jadi kita ambil paketnya di pos satpam. Satpamnya akan bertanya: uda booking belum, siapa yg telpon, baru terakhir ditanya nomor resi. Jgn lupa bilang paketnya jtr, bukan jne byasa.
5. Satpamnya nyari dulu paket kita di gudang yg mana, sekitar 15 menit kemudian kita disuruh ikutin dy ke gudang.
6. Serah terima paket di gudang sama petugas jne. Bisa minta tolong bawain paketnya juga ke mobil.

 

Beberapa hal penting
– Kalo bisa ambil paket berdua, satu nyetir (standby di mobil), satu ke gudang. Soalnya parkiran super penuh, kata satpamnya harus ada yg standby di mobil.
– Biarpun jne garuda 24jam, pengambilan paket sendiri ada jamnya:
– Senin-jumat 9 pagi-9 malem
– Sabtu 9 pagi-5 sore
– Minggu 11 siang-5 sore
– Pas ditelpon jne, saya disuruh bawa fotokopi ktp. Tapi kemarin gada yg nanyain sih, baik satpam maupun petugas jne-nya. Buat jaga2 gada salahnya bawa 😅

A Gift

1527986408477

It probably around this time last year, that my friend, a cardiologist, told me that basically there’s something wrong with my heart, but it’s still in normal range, so I don’t have to worry. My reaction was freaked out. Even though it’s “normal”, somehow I still feel concerned about it.

Oh btw, I have arrhythmia (ventricular extrasystole), which in normal range, and mild-moderate tricuspid regurgitation. Arrhythmia is a condition where your heart beats irregularly. Regurgitation means there’s a defect in one of your heart valve, so your heart doesn’t pump blood optimally. As a doctor, if I have this kind of patient, I would suggest the same, he/she doesn’t have to worry. But as a patient, I don’t know, it feels different when you ARE the patient.

Freaked out? Yes. Sad? Yes. Scared? Yes. Happy thoughts? Gone. Well, that’s awful. That state was going about a few weeks. I often feel scared and cries a lot. It’s not like I will die right now..oh wait, I really don’t know when I’ll die. It’s just that..all this time, I always feel that “oh, I’m still young, I still have time”. But then it hits me “well, no, you don’t know how much time you still have”.

Actually, ALLAH already told us in Quran that we don’t have much time, time will pass quickly. In surah Al-Asr:
“Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

From then on, I try to accept my “gift”, maybe it’s a reminder from ALLAH. Repent now, before it’s too late. I’m eagerly go to pengajian, even I learn Arabic language so I can understand more about Quran. I’ve tried to collect more good deeds.

But, I still feel what I’ve done so far is not enough. So, from time to time, I panicked, I feel like I’m going to die on that exact moment. I even went to ER last week, and turns out that everything was normal. This is not good.

So I decided to go to a friend, who is a psychiatrist. In just less than an hour, she could made me tell her a lot of things that I’ve been holding in. She told me that panic disorder is not a sudden thing. It usually builds up from few hours before. When our body and mind can’t take it anymore, it goes in “panic state.” And every “panic state” usually have the same pattern. She told me to find that pattern with CBT (cognitive behaviour therapy). She also gave me some medications.

The thing that I remember the most is when she told me “you’ve done enough for everyone (your son, husband, parents), you can’t please them all. The one you really need to take good care is yourself, invest in yourself.”

When I REALLY think of it, it hits me again. I’ve done many good deeds, for everyone. But it seems I “forget” to fulfilled my soul. I’m still confused about my role. Is it enough if I keep being a stay-home-mom? Do I really need to work outside as a doctor again? I know that human was made to pray to ALLAH. But what kind of deeds that will elevate me in front of ALLAH, that I’m actually good at, that can benefit many people, that will eventually bring me closer to ALLAH?

My heart condition, also my mental condition, actually are “gifts” from ALLAH. I need to learn more about myself, and about Quran. I believe that eventually I will become a better person. Truly ALLAH’s plans are better.

Written in …

Like a bird that flies
In the morning light,
Or a butterfly in the spring,
When your spirit rides,
On the wings of hope,
You’ll find your wings.

And you’re always free to begin again,
And you’re always free to believe!
When you find the place
That your heart belongs,
You’ll never leave.

You and I will always be
Celebrating life together.
I know I have found a friend forevermore!
Love is like a melody;
One that I will always treasure.
Courage is the key that
Opens every door!

Though you may not know
Where your gifts may lead,
And it may not show at the start,
When you live your dream,
You’ll find destiny
Is written in your heart.

Those are lyrics from one of the song in Barbie Princess and the Pauper, which titled Written In your Heart. I took those lyrics from here (http://barbiemovies.wikia.com/wiki/Written_In_Your_Heart)

Well, I know that I shouldn’t listen to music cause it could divert me from reciting Holy Quran. This is one of the things that I still can’t give up (yet). I didn’t listen to new songs. The only radio channel I still listen is radio rodja, which broadcast only about Islam. But, whenever I hear songs from my youth, it’s very hard to resist. Oh, and most of the time I watch k-drama, I turned off the sound because those k-dramas soundtrack are usually gooood. Yes, I tried not to listen to music.

I would say that my effort is pretty good considering my history with music. When I was a child, I took piano lesson for more than 6 years. My parents often took me and my siblings to classical concerts (yes, the ones with live orchestra), ballet performance, etc. Half of my cousins can play piano/violin/guitar, or do ballet, or sing in a student choir, event conduct a student orchestra. My parents also loves to do karaoke at home, they even have a karaoke room which costs A LOT. Growing up, I often went to pentas seni. So, music had been a huge part of my youth.

Enough of my history. Back to the lyrics. The part that I like the most is when Erika decided to chase her dreams to sing and travel the world. At that time Dominic already proposed to her, but he willing to wait. After months of travelling, she realized there was one place she wanted to stay more than anywhere else. Sometimes being free means choosing not to go, but to stay. She decided to accept Dominic proposal, and stay beside him. Followed by this song:
And you’re always free to begin again,
And you’re always free to believe!
When you find the place
That your heart belongs,
You’ll never leave.

 

Part of me laughing while watching the movie, but my innerchild overjoyed. Come on, who wouldn’t want to stay with a king (Dominic) and live happily ever after? ROTFLOL. Nevertheless, part of me can feel a bit relate to Erika. I choose to support my husband’s career and taking a good care of our son. I believe I can start over my career, but my son’s childhood can never be repeated.

You and I will always be
Celebrating life together.
I know I have found a friend forevermore!
Love is like a melody;
One that I will always treasure.
Yes, I already have the best partner for life (and life hereafter). We always try to be better person so that we can meet again in Jannah.

Courage is the key that opens every door!
Though you may not know
Where your gifts may lead,
And it may not show at the start,
When you live your dream,
You’ll find destiny
Is written in your heart (more likely in Lauhul Mahfuz)
Yes, I need courage to do something that I haven’t done before. I may not know what my gifts are, or how I use them to bring greater good. But I need not to worry, because my life already written in Lauhful Mahfuz. Whatever path I choose, it will lead me to what was already written there. It’s written by ALLAH SWT.

Percaya

1516786481110

Saya teringat sepotong ceramah ustadz Khalid Basalamah. Kurang lebih seperti ini: “Jika kita hidup di jaman Rasulullah SAW, apakah kita akan percaya bahwa beliau ada utusan Allah, bahwa Tuhan hanya 1 yaitu Allah? Sedangkan beliau tidak bisa baca tulis, beliau bukan siapa-siapa. Apakah kita akan beriman kepada Allah, atau justru kita akan menjadi orang kafir atau munafik yang memerangi Rasulullah SAW?”

Begitupun jika kita hidup di masa Nabi Nuh AS. Beliau membawa perintah kepada kaumnya untuk menyembah Allah. Kemudian beliau membuat sebuah kapal yang sangat besar di dataran tinggi. Dataran tinggi loh bukan di tepi pantai. Apakah kita termasuk orang yang beriman kepada Allah dan selamat dari banjir besar, atau justru menjadi orang kafir atau munafik yang akhirnya ditenggelamkan oleh Allah?

Alangkah “mudahnya” hidup di jaman setelah Rasulullah SAW. Beliau telah meninggalkan 2 pedoman hidup yang benar, yang lurus, yaitu Al-Quran dan hadits. Al-Quran telah banyak teruji kebenarannya. Betapa “mudahnya” kita untuk beriman kepada Allah di jaman ini. Kita hanya perlu berpegang teguh pada Al-Quran dan hadits. Itu saja.

Namun sedihnya, banyak manusia yang merasa lebih pintar dibandingkan Allah SWT. Ayat-ayat Al-Quran dibantah dengan alasan “ini tidak logis, ini melanggar HAM, dll”. Ayat-ayat Al-Quran dijadikan bahan ejekan bahkan dihina. Tidak sedikit Muslim yang malah mendukung penghina dan pencela Al-Quran. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Al-Quran loh! Pedoman hidup seorang Muslim! Isinya kalimat-kalimat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa!

 

 

Iya, hidup di jaman ini, untuk berpegang teguh pada Al-Quran dan hadits merupakan perjuangan. Semoga Allah SWT tetap memberikan hidayah-Nya, agar kita (iya, kita: saya dan semua yang membaca ini) tetap dalam nikmat Islam yang lurus, sampai waktu kita di dunia ini habis.

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan ulil amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (An-Nisaa: 59)

 

Belajar Seumur Hidup

1516547082191

Dulu saat kuliah seringkali guru-guru saya berpesan, “Kedokteran itu ilmunya terus berkembang, jadi kita harus terus belajar seumur hidup”.

Tanggapan saya saat kuliah: “Wah guru saya bijak sekali. Siap Dok, saya akan belajar terus.”

Tanggapan saya saat lulus dan praktek dokter umum: “What? Gada waktu, uda cape jaga malem terus.” Ketemu suami aja jarang, masa waktunya dipake buat “pacaran” sama jurnal penelitian. Tapi kemudian saya bertemu kasus-kasus yang jarang ditemui, yang mengharuskan saya untuk belajar lagi. Iya, saya pun belajar lagi.

Saat saya memilih menjadi ibu rumah tangga pun tidak lepas dari kewajiban belajar ilmu kedokteran. Saya suka dapet “pe-er” dari orangtua saya. “Di, tolong liatin kandungan obat herbal A donk, mau beli nih dari temen, aman ga?” Okeh siap. Atau “Di, video ini bener ga?” Biasanya judulnya semacam “10 manfaat buah A yang tidak Anda ketahui”. Ini agak pe-er sih, karena saya mesti ngecek tiap point. “Hebat”nya video-video semacam ini adalah, fakta dan mitos dicampur sedemikian rupa sehingga terkesan semuanya fakta. Ini juga berlaku pada pesan broadcast lewat WA. Gemes banget rasanya kalo uda dapet broadcast semacam “Menakjubkan! Buah A Dapat Menyembuhkan Kanker”. Prinsip saya sih selalu hati-hati bacanya, mesti cek n ricek, ga langsung percaya, langsung ngebantah juga ga, cek dulu. Apalagi artikel-artikel yang isinya sejuta klaim (ga sejuta juga sih), waspadalah, waspadalaaah!

Kalo yang request orang tua saya, saya cukup semangat belajar lagi, baca berbagai jurnal penelitian terbaru. Biarpun cukup membuat otak yang uda karatan ini ngebul-ngebul. Abis itu diskusi deh sama mereka. Nah, kalo broadcast ini nih, bingung saya. Pernah beberapa kali ngecek, dan ternyata isinya banyakan ga validnya. Saya sampaikan ke grup WA tersebut, dan saya sukses….dikacangin. Dan beberapa waktu berikutnya broadcast semacam itu tetap berdatangan. Saya cek lagi, saya sampaikan dan sukses lagi. Iya, sukses dikacangin.

Dan batin saya pun berdiskusi.
Diana 1: Gada juga yang minta lu ngecek Di, geer amat lu!
Diana 2: Iya tapi kan gw sebagai orang yang punya ilmunya dan uda ngecek dan tau itu SALAH, wajib donk gw ngasitau biar pada ga terjerumus HOAX.
Diana 1: Terus? Lu dikacangin kan? Ganggu deh lu sok2 ngebenerin.
Diana 2: Tapi kan menyampaikan kebenaran itu wajib. Biarpun kesannya dikacangin, kalo ada yang baca dan pesan gw nyampe alhamdulillah. Biarpun pesan gw cuma sampe ke 1 orang.
Diana 1: Urus aja urusan lu sendiri.
Diana 2: Hayati lelah.
Dan saya pun ga pernah lagi memberitahukan hasil pengecekan saya ke grup-grup tersebut. Kecuali kalo orangnya bertanya langsung itu bener ga. Dengan senang hati saya jelaskan.

Ini baru 1 ilmu loh. Seiring waktu pun, saya belajar hal-hal lain juga. Jadi istri belajar masak, biar suami makin betah di rumah, dan anak seneng makan di rumah. Belajar financial planning, biar keuangan lebih terencana dan ga boros. Jadi orangtua harus belajar manajemen emosi, belajar perkembangan anak, dll. Saya pun ikut pengajian rutin dan belajar bahasa Arab untuk menambah ilmu agama, karena saya ingin anak saya jadi anak yang soleh. Dan semua ilmu itu penting. Jadi belajar seumur hidup berlaku untuk semua ilmu.

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujaadila: 11)

KLB Difteri Indonesia 2017

IMG_7362Keterangan gambar peta Indonesia di atas: warna merah menunjukkan daerah yg mengalami KLB Difteri.

Difteri : Penyakit Lama yang Muncul Kembali

Mengenal Imunisasi DPT dan Penyakit yang Dapat Dicegahnya

2 artikel di atas saya buat tahun lalu (2016). Sedih sekali rasanya tahun ini KLB difteri terjadi lagi, bahkan di hampir seluruh Indonesia. Jika semakin banyak anak yg divaksin, maka anak-anak yg tidak divaksin otomatis terlindungi, ini namanya kekebalan komunitas (herd immunity). Jadi, semakin banyak anak yg tidak divaksin, maka kekebalan komunitas ini hilang.

Buat ibu-ibu yg antivaksin/masih galau mau vaksin anaknya/ga, inikah yg ibu-ibu inginkan? KLB/Kejadian Luar Biasa penyakit Difteri se-Indonesia? Tahukah Ibu betapa mengerikannya penyakit difteri? Anak Ibu bisa mengalami kesulitan bernapas yg berujung pada kematian jika tidak segera mendapat pertolongan medis.

Silahkan Ibu membaca 2 artikel di atas untuk menambah pengetahuan yg benar, bukan hoax. Cari juga sumber bacaan di website yg terpercaya, misalnya www.idai.or.id, www.cdc.gov, emedicine.medscape.com, www.depkes.go.id, www.who.int, sehatnegeriku.kemkes.go.id

Jadi segera lengkapi vaksinasi anak Ibu. Jadwal lengkapnya bisa dilihat di http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017 .

Jika vaksinasi sudah lengkap, lebih baik diberikan vaksin lagi sebagai booster (penguat). Rekomendasinya bisa dilihat di http://www.idai.or.id/about-idai/idai-statement/pendapat-ikatan-dokter-anak-indonesia-kejadian-luar-biasa-difteri

dr.Diana Andarini
Jakarta, 30 November 2017

Jujur Pada Diri Sendiri

Apakah kita sudah jujur pada diri sendiri? Ataukah kita lebih sering membohongi diri sendiri, yg justru membuat masalah kita kompleks?

Kita bisa membohongi orang lain, bahkan membohongi diri sendiri, tapi kita tidak bisa membohongi Allah SWT. Lalu kenapa kita masih membohongi diri?

“Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.” [QS At-Taghaabun: 4]

Saat kita marah, apakah memang demikian? Apakah kita tidak sedang berbohong kepada diri sendiri untuk menutupi kesedihan, kecemasan dan kegelisahan kita?

Saat kita benci, apakah memang demikian? Apakah kita tidak sedang berbohong kepada diri sendiri untuk menutupi iri dan dengki kita?

Saat kita putus asa dan menyerah, apakah memang demikian? Apakah memang demikian? Apakah kita tidak sedang berbohong kepada diri sendiri untuk menutupi “kemalasan” kita?

Jujurlah pada diri sendiri. Allah SWT Maha Mengetahui semua isi hati kita. Jika kita merasa berat, mengadulah kepadaNya, minta kekuatan kepadaNya, dan teruslah berusaha. Bersihkan hati, perbanyak zikir, perbanyak sedekah. Insya Allah hati kita tenang.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” [QS Ar-Ra’d: 28]

Tentang “Harga” Diri

Sebagai seorang muslim, saya meyakini bahwa derajat seseorang itu tergantung tingkat ketakwaannya terhadap Allah SWT, dan yg bisa menilai itu hanya Allah SWT. Saya hanya bisa terus beribadah sesuai petunjuk Al Quran dan hadits, sambil berharap amalan saya diterima dan derajat saya tidak turun di hadapan Allah SWT.

Alangkah indahnya dunia kalau saya hanya berharap pada ridho Allah SWT semata. Namun sayangnya, saya belum sampai tahap itu. Saya masih sangat memperdulikan dan mementingkan pendapat orang lain. Saya selalu membandingkan diri saya dengan orang lain yg kondisinya di atas saya. It feels like I’m beating myself, and I feel less valuable.

Kemudian saya membaca artikel ini. JLEB! Ya, yg kurang pada diri saya adalah IKHLAS. Saya yg biasa dengan pujian sejak kecil tanpa sadar menjadikan pujian itu kebutuhan. Kayaknya ada yg kurang gitu kalo ga dipuji. Kalo ga dipuji berarti saya ga berharga. Kalo postingan ga di-like berarti saya ga berharga (emak2 jaman now) Dan sejuta kalau lainnya, yg intinya mengharap pujian manusia. Kalo dipuji manusia, wuih harga diri meroket kyknya. Astagfirullah! Bukan cuma ga ikhlas, ternyata saya juga RIYA.

Ga ikhlas + riya = paket kombo resep nelangsa merasa ga berharga. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Musibah ini buat saya. Tugas saya sekarang BELAJAR IKHLAS dan TIDAK RIYA. Bismillah semoga bisa sebelum waktu saya habis di dunia.

Firman Allah SWT pada surat Al Baqarah ayat 264:
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

“Bekal” Akhirat

Hidup selalu berputar seperti roda, kadang di atas, kadang di bawah. Saat kita merasa kehidupan “di atas” tidak usah terlalu senang, begitupun saat “di bawah” tidak usah terlalu sedih. Saya lupa baca dimana, kira-kira begini bunyinya: Hidup di dunia seperti persinggahan sementara, ibarat seorang musafir yang sedang berteduh sejenak. Jangan sampai terikat, karena kita menetap di dunia hanya sejenak saja.

Kehidupan yang saat ini sedang “di bawah”, membuat saya merenung, berpikir kembali, “Kita ini hidup untuk apa? Apa yang sebenarnya penting? Apa yang ingin saya capai di dunia dan apakah itu penting?”

Perjalanan Hidup Manusia

Lihat ilustrasi di atas? Hidup di dunia berarti kita baru menempuh ¼ kurang perjalanan. Di satu titik inilah yang menentukan “sisa” ¾ perjalanan kita. Apakah kita akan tersiksa atau bahagia selama ¾ perjalanan sampai tempat tujuan (surga/neraka), ditentukan oleh waktu kita di dunia ini.

Saya termasuk orang yang bekerja tanpa kenal waktu (tuntutan pekerjaan). Bahkan saat awal menikah, saya dan suami jarang berinteraksi. Saat saya berangkat, suami pulang dalam kondisi kelelahan, sering juga sebaliknya. Saat hamil, saya sempat berpikiran untuk kelak menitipkan anak ke orang tua saya, agar saya bisa fokus mengejar karir. Namun, semakin saya mengenal Islam lebih dalam, saya merasa tidak bahagia dengan hidup saya. Saya merasa waktu saya hilang begitu saja.

Menjawab pertanyaan saya sendiri, kita hidup untuk menyembah ALLAH dengan beribadah. Hal yang penting yaitu menyiapkan “bekal” untuk  “sisa” ¾ perjalanan. Apa amalan yang pertama kali dihisab? SOLAT. Perbaiki solat. “Celakalah orang-orang yang solat, yaitu orang-orang yang lalai terhadap solatnya” [Al-Maun: 4-5] Naudzubillah min dzalik. Jangan sampai saya termasuk orang-orang yang disebutkan pada surat Al-Maun. Sehingga saya berusaha solat wajib di awal waktu (tidak menunda-nunda), berusaha lebih khusyuk, dan mengerjakan solat sunnah (tahajud, dhuha, qabliyah, dll).

Apa lagi yang penting? Tentunya mengamalkan rukun iman dan rukun Islam. Apalagi? Jika saya meninggal kelak (meninggal itu PASTI), saya tidak bisa beribadah lagi. Tapi ada 3 hal yang masi bisa menjadi “bekal tambahan”, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak yang soleh. Amal jariyah yang seperti apa? Seperti turut serta membangun mesjid, sedekah al-Quran, dll. Selama mesjid/Al-Quran tsb dipakai orang lain, pahala akan mengalir terus ke kita. Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengajar atau menulis artikel/buku yang bermanfaat. Dan terakhir, doa anak soleh. Apakah mudah menjadikan anak saya soleh? Tentu tidak. Saya pun harus belajar agama dengan sungguh-sungguh, agar saya bisa mengajarkan ilmu agama ke anak saya.

Itulah cara saya. Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mempersiapkan “bekal” akhirat. Mana yang benar? Selama caranya sesuai dengan Al-Quran dan hadis, insya Allah benar.

Sedikit tapi Sering

Tentu kita sudah sering mendengar istilah “biar sedikit tapi sering”, dalam kegiatan, pekerjaan, ibadah, dll. Sepertinya mudah ya, tapi ternyata membuat sesuatu hal menjadi sering/rutin adalah hal yang cukup sulit. Apalagi saya, yang sering sekali melakukan sesuatu “tergantung mood”. Kalau lagi mood, bisa melakukan bahkan menyelesaikan banyak hal. Tapi kalau lagi ga mood, astagfirullah, mager banget!

Sebenernya yang paling susah awalnya adalah NIAT. Berniat dulu sungguh-sungguh. Kalau niat saja belom, tenggelamkan! ;p Jangan berpikir “ah susah” atau “ntar sajalah kalau mood”. Niat dulu, kalau untuk kegiatan yang baik, insya Allah bermanfaat. Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 130) [Sumber

Setelah niat, ya lakukan, MULAI. Besok? Nope, SEKARANG! Kalau ga selesai gimana? Gada yang bilang harus selesai kan? Kerjakan saja dulu. Kalau kata sahabat saya, Kak Rie, 15 menit juga gapapa, yang penting fokus dikerjakan. Kebiasaan kurang baik saya yang lain, kalau lagi mood, kadang suka memforsir biarpun sudah ga fokus, sampai kecapean dan bikin ga mood ngerjain lagi.

Poin yang penting juga yaitu SEDIKIT. Mengerjakan suatu hal dari yang sedikit dulu. Misalnya, solat sunnah dhuha. Mau 12 rakaat supaya Allah bangun rumah untuk kita di surga? Mau banget! Tapiiii biasakan dulu 2 rakaat setiap hari, catet, setiap hari ga pake bolong dan ga ninggalin yang wajib. Kalau sudah berhasil, baru naik 4, 6, 8, kemudian 12 rakaat. Saat ini saya masih di tahap 2 rakaat. “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga. Dan tidaklah satu hari dan tidak juga satu malam, melainkan Allah memiliki karunia yang dianugerahkan kepada hamba-hamba-Nya sebagai sedekah. Dan tidaklah Allah memberikan karunia kepada seseorang yang lebih baik daripada mengilhaminya untuk selalu ingat kepada-Nya” Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani. [Sumber]

Misalnya lagi, menulis. Mau menulis blog pribadi atau artikel doctormums, pokoknya setiap hari harus menulis minimal 1 paragraf atau selama 30 menit. Koq targetnya kecil amat? Inget di awal, sedikit tapi RUTIN. Saya ibu rumah tangga yang ga dikejar target apapun, jadi suka-suka saya targetnya sekecil apa. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit kan, yang penting rutin. Buktinya, dengan modal “sedikit tapi rutin”, ternyata tulisan ini bisa cepat selesai. Alhamdulillah.

Lalu apakah sekarang saya sudah berhasil mengatasi sifat moody saya? Saya masih dan akan selalu berusaha. Doakan istiqomah yaa!