Liburan Di Rumah Aja

  • kolase bioskopBioskop #liburandirumahaja

Credits to @nonannymommy dan pinterest! Kata kuncinya movie night ideas.

Desain poster, tiket, dll pakai aplikasi canva.

Sebelum nonton, yg anak-anak role play jadi penjual tiket dan snack, pakai uang mainan.

Buat orang dewasanya ada games tebak-tebakan yg hadiahnya uang mainan (buat beli tiket & snack).

Ruang “bioskop” (alias ruang tv) jendelanya dibuka 1 (ada kawat nyamuknya), pintu juga dibuka supaya ventilasinya bagus.

Saya memang tinggal dgn extended family, tapi di dalam rumah pun kami biasa selalu pakai masker, krn suami saya kerja di salah satu RS rujukan covid, ipar pun kadang wfo, jadi kami selalu pakai masker demi orgtua kami yg sudah lansia dan anak-anak kami.

Liburan di rumah aja bisa tetep menyenangkan!

  • treasure huntTreasure hunt! #liburandirumahaja

Kali ini EO-nya @damayanti.anindita, saya jadi sie dokumentasi aja.

Treasure-nya itu berupa bola-bola kayu yg dibungkus kertas supaya ga terlalu kecil ukurannya. Bola-bola ini disembunyikan di penjuru rumah. Rencana awal ini gamesnya buat anak-anak aja. Tapi si bocah 2 ini malah lari-lari keliling rumah, ga nemu-nemu, akhirnya eyang2nya ikutan main.

Setelah ketemu semua, bola-bolanya bisa ditukar hadiah kayak kita nukerin koin timezone. Hadiahnya snack seperti ielly, permen yupi, coklat, dll.

Mayan “rusuh” pas nyari treasure-nya karena tante @damayanti.anindita jago ngumpetinnya. 

  • berkebunBerkebun! #liburandirumahaja

Idenya @nonannymommy yg uda duluan nanem dan uda mulai tumbuh tunas. 

Btw pas awal pandemi, saya ajak anak saya berkebun dgn cara hidroponik. Waktu itu nanem kangkung, selada dan bayam merah. Kangkung dan selada alhamdulillah tumbuh, yg bayam merah entah kenapa kecil terus. Tapi hidroponik terlalu sulit buat anak kecil, krn harus menakar cairan nutrisi A dan B, ppm-nya diukur dan disesuaikan dgn tahapan tumbuhnya. Riweh. 

Pas @nonannymommy ngajakin anak-anaknya berkebun, saya liat koq kit berkebunnya cute banget, ukurannya juga pas buat anak-anak. Akhirnya saya ikutan beli kitnya @urban_garden.id. Kita dapet 3 macem sekop mini, 1 botol utk menyiram, 4 pot mini, 4 bungkus tanah, 4 macem biji, dipilihin yg gampang numbuh: kangkung, wheatgrass, bayam hijau dan selada.

Oia, kita juga dapat 4 lembar pengamatan progess tumbuh tanemannya, bahannya mayan tebel, ga gampang kerobek sama anak. Worth it kit-nya. Semoga bisa tumbuh subur ya tanemannya!

  • kolam bolaKolam bola! #liburandirumahaja

Kalo bosen main air, kolamnya bisa diisi bola, jadi deh kolam bola ala playground mall kw1000.

  • coding

Selain kegiatan fisik, ada juga holiday program online, contohnya kelas coding dari Sekolah Cikal. Anak saya tidak bersekolah disana, tapi alhamdulillah holiday program Cikal bisa diikuti umum. Dengan judul “NASA Mission to Lunar”, anak diajak mengenal lebih dekat profesi astronot NASA. Coding-nya pun berkaitan dengan perjalanan astronot ke bulan, dimana anak seolah-olah sedang menjalankan misi layaknya seorang astronot. Seru!

Dengan kita liburan di rumah aja, insyaAllah bisa mencegah penyebaran covid19. Saya lebih memilih ribet dikit menyiapkan aktivitas liburan di rumah dibandingkan mengambil resiko besar mengajak anak berlibur ke tempat umum. Ini pilihan, yang akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.