KLB Difteri Indonesia 2017

IMG_7362Keterangan gambar peta Indonesia di atas: warna merah menunjukkan daerah yg mengalami KLB Difteri.

Difteri : Penyakit Lama yang Muncul Kembali

Mengenal Imunisasi DPT dan Penyakit yang Dapat Dicegahnya

2 artikel di atas saya buat tahun lalu (2016). Sedih sekali rasanya tahun ini KLB difteri terjadi lagi, bahkan di hampir seluruh Indonesia. Jika semakin banyak anak yg divaksin, maka anak-anak yg tidak divaksin otomatis terlindungi, ini namanya kekebalan komunitas (herd immunity). Jadi, semakin banyak anak yg tidak divaksin, maka kekebalan komunitas ini hilang.

Buat ibu-ibu yg antivaksin/masih galau mau vaksin anaknya/ga, inikah yg ibu-ibu inginkan? KLB/Kejadian Luar Biasa penyakit Difteri se-Indonesia? Tahukah Ibu betapa mengerikannya penyakit difteri? Anak Ibu bisa mengalami kesulitan bernapas yg berujung pada kematian jika tidak segera mendapat pertolongan medis.

Silahkan Ibu membaca 2 artikel di atas untuk menambah pengetahuan yg benar, bukan hoax. Cari juga sumber bacaan di website yg terpercaya, misalnya www.idai.or.id, www.cdc.gov, emedicine.medscape.com, www.depkes.go.id, www.who.int, sehatnegeriku.kemkes.go.id

Jadi segera lengkapi vaksinasi anak Ibu. Jadwal lengkapnya bisa dilihat di http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017 .

Jika vaksinasi sudah lengkap, lebih baik diberikan vaksin lagi sebagai booster (penguat). Rekomendasinya bisa dilihat di http://www.idai.or.id/about-idai/idai-statement/pendapat-ikatan-dokter-anak-indonesia-kejadian-luar-biasa-difteri

dr.Diana Andarini
Jakarta, 30 November 2017

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *